Nyeri lutut adalah suatu kondisi medis yang sangat umum yang terjadi karena memakai konstan dan air mata dari sendi lutut. Hal ini dapat dialami oleh orang dewasa muda dan anak-anak. Wanita lebih rentan terhadap nyeri lutut dibandingkan laki-laki. 


Lokasi yang tepat dari nyeri lutut dapat bervariasi. Nyeri dapat berasal dari salah satu struktur tulang mengorbankan sendi lutut (femur, tibia dan fibula), tempurung lutut (patella) atau ligamen dan tulang rawan (meniscus). 

Nyeri lutut dapat lokal atau menyebar di seluruh lutut. Juga, tingkat keparahan nyeri dapat bervariasi dari sakit ringan sampai sakit parah dan melumpuhkan.

Nyeri pada lutut bisa disebabkan oleh struktur tulang melemah, dan keausan akibat penuaan. Penyebab umum lainnya termasuk patah tulang, cedera ligamen, cedera meniskus, dislokasi sendi lutut dan kekakuan pada sendi akibat arthritis, lupus dan penyakit kronis lainnya. 

Selain rasa sakit, Anda mungkin memiliki gejala seperti kekakuan pada lutut, pembengkakan terlihat, kemerahan, mati rasa pada kaki yang terkena dan kesulitan berjalan atau berdiri. 

Jangan biarkan sampingan nyeri lutut Anda dari melakukan hal-hal yang Anda nikmati. Anda bisa mengurus nyeri lutut Anda dengan beberapa pengobatan rumah sederhana dan mudah. 

Obat ini paling bermanfaat untuk ringan sampai nyeri sedang yang disebabkan oleh berlebihan, kurangnya penggunaan atau pelatihan yang tidak benar. Mereka juga dapat membantu dengan nyeri lutut yang terkait dengan penuaan dan kondisi seperti arthritis tetapi Anda juga perlu berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosa yang tepat dan pengobatan

Berikut adalah 10 rumah solusi untuk sakit lutut. 

1. Cold Compress 
Menerapkan kompres dingin untuk lutut menyakitkan adalah salah satu cara terbaik dan termudah untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Rasa dingin akan menyempitkan pembuluh darah, mengurangi aliran darah ke daerah yang terkena dan dengan demikian mengurangi pembengkakan. Hal ini juga akan memberikan bantuan dari rasa sakit. 

Bungkus beberapa es batu dengan handuk tipis. 
Terapkan kompres ke daerah lutut yang terkena selama 10 sampai 20 menit. 
Lakukan ini dua atau tiga kali sehari sampai rasa sakit hilang. 
Sebuah tas kacang polong beku juga bekerja dengan baik sebagai kompres dingin. Anda dapat memilih untuk bolak kompres panas dan dingin juga untuk nyeri kronis. 

2. Cuka Sari Apel 
Cuka sari apel juga membantu dalam mengurangi nyeri lutut. Karena efek alkalizing nya, cuka sari apel membantu melarutkan mineral build-up dan racun berbahaya dalam sendi lutut. Hal ini juga membantu mengembalikan pelumas sendi untuk membantu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan mobilitas. 

Campur dua sendok teh cuka sari apel dalam dua gelas air yang disaring. Sip campuran ini sepanjang hari. Minum tonik ini setiap hari sampai Anda sembuh sepenuhnya. 
Anda juga dapat menambahkan dua cangkir cuka sari apel untuk bak mandi air panas. Rendam lutut yang terkena dampak di dalam air selama 30 menit. Lakukan ini sekali sehari selama beberapa hari. 
Juga, Anda dapat mencampur bersama-sama satu sendok makan masing-masing cuka sari apel dan minyak zaitun. Gunakan untuk memijat lutut yang terkena sekali atau dua kali sehari sampai rasa sakit itu hilang.

3. Cayenne Lada 
Cayenne lada mengandung capsaicin yang bekerja seperti pereda nyeri. Analgesik alami Capsaicin atau penghilang rasa sakit sifat menghasilkan sensasi hangat dan mengurangi rasa sakit di lutut yang terkena. 

Siapkan pasta dengan mencampurkan dua sendok makan bubuk cabai rawit dengan satu-setengah cangkir minyak zaitun hangat. Oleskan pasta ini pada daerah yang terkena dua kali sehari selama setidaknya satu minggu. 
Anda juga dapat mencampur seperempat atau setengah sendok teh bubuk cabai rawit dalam satu cangkir cuka sari apel. Rendam lutut yang terkena dalam larutan ini selama 20 menit sekali atau dua kali sehari sampai rasa sakit dan peradangan berkurang. 
Anda bahkan dapat menerapkan gel yang mengandung 0,0125 persen capsaicin topikal untuk mengurangi nyeri lutut.

4. Jahe 
Apakah nyeri lutut adalah karena arthritis, ketegangan otot atau cedera, jahe merupakan obat yang efektif untuk mengurangi rasa sakit. Efektivitasnya berasal dari kehadiran senyawa anti-inflamasi di dalamnya. Jahe dapat mengurangi bengkak pada lutut serta rasa sakit. 

Tambahkan sepotong kecil jahe untuk satu cangkir air dan didihkan selama 10 menit. Saring dan tambahkan sedikit madu dan jus lemon. Minum 2-3 cangkir teh jahe ini setiap hari sampai rasa sakit itu hilang. 
Anda juga dapat memijat lutut yang terkena dengan jahe minyak dua atau tiga kali sehari sampai Anda puas dengan hasilnya.

5. Kunyit 
Kunyit adalah pengobatan yang efektif dan alami untuk meredakan nyeri lutut. Kunyit mengandung bahan kimia yang disebut curcumin yang memiliki sifat antioksidan anti-inflamasi serta yang membantu mengurangi rasa sakit. 

Juga, Pusat Nasional untuk Pelengkap dan Pengobatan Alternatif (NCCAM) melaporkan bahwa kunyit dapat memperlambat perkembangan rheumatoid arthritis, salah satu penyebab utama nyeri lutut. 

Tambahkan satu-setengah sendok teh setiap bubuk jahe dan kunyit untuk secangkir air dan didihkan selama 10 menit. Saring, tambahkan madu secukupnya, dan menikmati dua kali sehari. 
Rebus satu sendok teh bubuk kunyit dengan segelas susu. Mempermanis dengan madu dan minum sekali sehari. 
Pilihan lain adalah untuk mengambil 250 sampai 500 mg kapsul kunyit tiga kali sehari. 
Ikuti langkah-langkah berikut setiap hari sampai rasa sakit itu hilang sepenuhnya. 

Catatan: Seperti kunyit dapat mengencerkan darah, obat ini tidak cocok bagi mereka yang mengambil obat pengencer darah. 

6. Lemon 
Lemon juga telah ditemukan bermanfaat sebagai obat rumah untuk sakit lutut yang disebabkan oleh arthritis. Asam sitrat yang ditemukan dalam lemon bekerja sebagai pelarut untuk kristal asam urat, yang merupakan penyebab dari beberapa jenis arthritis. 

Potong satu lemon menjadi potongan-potongan kecil. 
Ikat bagian dalam kain katun dan celupkan ke dalam minyak wijen hangat. 
Tempatkan kain di lutut yang terkena selama lima sampai 10 menit. 
Lakukan ini dua kali sehari sampai nyeri hilang sepenuhnya. 

Sumber : top10homeremedies.com