Banyak sekali faktor penyebab keguguran, salah satunya adalah makanan yang kita konsumsi setiap hari khususnya ketika ibu hamil dalam usia muda. 
Banyak kalangan ibu-ibu yang baru saja menjalankan rumah tangga barunya yang belum mengetahui jenis makanan yang sehat yang tidak boleh di konsumsi ketika sedang hamil. 
Dalam kesempatan ini kami mencoba untuk menguraikan tips - tips yang sehat khususnya bagi ibu-ibu hamil usia muda. agar janin atau kandungannya sehat dan selamat.

1. Vitamin C 
Vitamin C dipercaya sebagai alat kontrasepsi alami. Jangan mengonsumsi vitamin C selama masa subur . Jika Anda mengonsumsi Vitamin C dengan dosis tinggi dapat membuat Anda mengalami keguguran di awal kehamilan anda. 

2. Nanas muda 
Menurut cerita turun temurun, makan nanas dapat menyebabkan keguguran. Nanas mengandung enzim protease bromelain seperti papain pada pepaya. Enzim ini dapat melembutkan leher rahim sehingga dapat menyebabkan keguguran. {nextPage}

3. Pepaya Muda atau masak
Pepaya adalah salah satu buah-buahan yang kaya dengan vitamin C. Walaupun demikian pepaya adalah jenis buah buah yang tidak baik untuk di kosumsi  bagi ibu hamil muda atau di usia subur. Buah Pepaya ini mengadung papain yaitu suatu zat yang bisa membuat janin  keguguran. 

4. Wijen 
Wijen atau di kenal juga dengan biji Wijen. wijen atau biji wijen ini mengandung protein dan kalsium yang sangat tinggi. hal ini juga sangat tidak baik bagi wanita yang sedang hamil, ianya dapat membuat Anda keguguran. Satu sendok biji wijen saja dan dicampur dengan madu lebah adalah salah satu cara menggugurkan janin.

5. Buah-buahan dengan rasa asam 
Kebanyakan buah dengan rasa asam seperti jeruk, asam gelugur atau lainnya yang  terdapat banyak vitamin C yang tinggi dapat mencelakakan kandungan pada wanita hamil.

6. Teh hijau 
Teh hijau yang memiliki kenikmatan dan keharumannya ternyata bahaya juga jika dikonsumsi bagi ibu ibu hamil di masa subur. Teh hijau dapat menyebabkan masalah pada kesuburan dan juga membuat Anda keguguran pada kandungan ibu hamil. 

7. Ikan kaleng 
Ikan segar adalah makanan yang sehat, akan tetapi jika Anda mengonsumsi ikan segar atau Ikan kalengan mengandung pengawet seperti garam yang di dalamnya terdapat bahan kimia iannya dapat meningkatkan tekanan darah pada wanita hamil dan bisa mengakibatkan gangguan pada kandungan bagi ibu hamil.

Dari 7 point di atas bisa kita simpulkan bagi ibu hamil usia muda adalah sangat berbahaya mengkomsumsi Vitamin atau Kalcium yang terlalu tinggi. ianya dapat membahayakan janin dalam kandungan ibu hamil.
As ( 00048 KBH )