Tahukah anda asal usul jeruk? Asal jeruk adalah dari Asia Timur dan Asia Tenggara, membentuk sebuah busur yang membentang dari Jepang terus ke selatan hingga kemudian membelok ke barat ke arah India bagian timur. Jeruk manis dan sitrun (lemon) berasal dari Asia Timur, sedangkan jeruk bali, jeruk nipis dan jeruk purut berasal dari Asia Tenggara.

Jeruk juga dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan yang mengandung sumber vitamin C,. Jeruk jeuga di gunakan oleh manusia sebagai bahan pangan, wewangian, kosmetic.

Tahukah anda selain memakan jeruk teryata mamfaat kulit jeruk sangat besar khasiatnya. Banyak di kalangan kita tidak mengetahui khasiat dari kulit jeruk dan selalunya berahir di tong sampah. Dan tidak banyak, hanya segelintir orang, mereka memamfaatkannya kulit jeruk sebagai bahan makanan organis sebagai bahan makanan.

Memang mudah untuk mengolah jeruk asli untuk di jadikan makanan dengan rasa pahit dan sepat akan tetapi bisa di olahnya dengan kreatifitas sehingga dapat di jadikan bahan makanan yang sangat baik untuk di komsumsi. dengan cara mengiris kulit jeruk dan sedikit tetesan madu lebah. 
Kulit jeruk yang di hasilkan dapat di jadikan sebagai pelengkap makanan salat atau sajian minuman teh anda.
Dengan kandungan gizi yang tinggi kulit jeruk mengandung Pektin dan Zellulose . Pektin berguna untuk menurunkan lemak dan mengontrol kolesterol dalam tubuh.
{nextPage}
Dan bukan itu sahaja, kulit jeruk juga mengandung Antioxidants yang mampu menghilangkan radial bebas yang menyebabkan cancer. dan bukan itu saja, Kulit jeruk juga bisa di gunakan sebagai aroma terapi bagi ibu - ibu yang sedang hamil, keharuman kulit jeruk dapat di menghilangkan rasa mual dan muntah muntah masa ibu hamil.

Selain itu juga Kulit jeruk dapat di gunakan sebagai alat cosmetics dengan kandungan Antioxidants yang tinggi juga dapat mempercantik kulit wajah, dengan memblander kulit jeruk, di campur dengan sedikit minyak Zaitun. Olehkan pada wajah dan diamkan selama 15 minute. Wajah kusam dan berminyak akan kembali segar dan bersinar.

Perlu di perhatikan bagi anda yang membeli jeruk di pasar atau supermarket terdekat di daerah anda. Jeruk biasanya di berikan bahan kimia Pesticides dan zat lilin.

Pesticides adalah cairan kimia yang di gunakan untuk mengendalikan hama tanaman, sedangkan zat lilin berfungsi agar jeruk dapat mengkilat dan dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Dalam jangka panjang jika tersarap tubuh dengan cara berterusan, Pesticides dan zat lilin akan menjadi racun dalam tubuh manusia

Cara untuk menghidari dari hal di atas, kita bisa melakukannya dengan mencuci bersih dengan mengunakan air hangat dan merendam selama 5 minute dan ulangi proses tersebut selama lebih kurang 3 kali. atau bisa anda lakukan dengan cara membersihkan kulit jeruk dengan mengunakan cairan khusus pembersih buah dan sayur yang di jual di swalayan atau kios terdekat, dengan cara memcuci jeruk kedalam air dan tidak perlu di bilas kembali dengan air biasa. Selain itu juga ternyata kulit jeruk sering di gunakan sebagai bahan masakan.
As ( 00059 KBH )