Ternyata cerita mengenai legenda sang Putri Duyung tidak saja hanya ada di indonesia akan tetapi cerita dari legenda sang putri duyung ini juga ada di Eropa. yang pertepatan di Denmark tepatnya di kota Cøbenhagen.

Legenda dari cerita Putri Duyung ini yang bertepatan di Københagen ini sangat terkenal di seluruh dunia sampai - sampai salah satu seniman dari mereka membuat patung yang berbentuk percis seperti Putri Duyung yang sedang duduk di atas batu.

Khabarnya  patung putri duyung ini sempat juga berkunjung ke china yang bertepatan di Shanghai dalam acara World Expo untuk di pamerkan di negara tersebut. Patung putri duyung telah menyedot banyak turis dunia dan juga dipamerkan ke berbagai negara. Tahun 2010.

berkat kerja sama yang baik antara denmark dan china patung tersebut di kembalikan lag ke Denmark sepertimana biasanya di tepatkan di kota Københagen - Denmark. {nextPage}

Adapun pengunjung setiap harinya yang menyaksikan patung tersebut tidaklah sedikit. Bahkan sangat ramai, banyak di antara mereka yang menyaksikan patung itu berasal dari negara asing ( Luar ) seperti China , jepang, US dan negara - negara lainnya.

Patung Putri Duyung di Copenhagen dibangun sebagai penghormatan
bagi penulis dongen Denmark, Hans Christian Andersen. Hans Christian Andersen adalah salah seorang tokoh yang membuat cerita dongeng seperti Thumbelina, Gadis Korek Api, Itik Buruk Rupa dan tentu saja si Putri Duyung Kecil. Yang terakhir ini, diangkat menjadi film animasi oleh Disney dengan judul Little Mermaid.

Patung tersebut selesai dibangun pada tahun 1913 oleh Edward Eriksen, dan kemudian didudukan di atas sebuah batu di pelabuhan Langelinie, Copenhagen.

Wujudnya adalah seorang perempuan namun kakinya berupa ekor ikan. Tepatnya Dia duduk di atas batu dengan wajah menatap laut lepas, seolah sedang menunggu sang pangeran.

Dongeng putri duyung sendiri bercerita seorang putri raja laut jatuh cinta dengan seorang pangeran. Tetapi, dia harus menunggu selama 300 tahun untuk berubah dari putri duyung menjadi seorang manusia.
Editor: As ( 00045 KBH )