Sayuran Bayam berwarna hijau ini memang mudah ditemukan di pasar atau di supermarket swalayan terdekat. Aneka masakan mulai dari sop bayam, tumis bayam, pecel memang lezat dengan tanaman yang mudah ditumbuhkan ini. Tidak ada yang menyangkal manfaat untuk menutrisi tubuh namun jika terlalu banyak malah bisa membahayakan kesehatan tubuh kita.
Bayam dikenal menyehatkan bagi tubuh kita karena kandungan zat besinya yang berperan penting terhadap kinerja sel darah merah baik mengangkut oksigen ke seluruh tubuh dan juga dapat memproduksi energi tubuh. Selain itu juga, sumber serat yang satu ini kaya Vitamin K, Vitamin A, Vitamin C dan mineral lainnya.

BBC Good Food, Minggu (24/8/2014) menyarankan untuk secukupnya saja mengonsumsi bayam. Kandungan oksalat yang tinggi pada bayam, seperti dilansir membuat ancaman terhadap kesehatan seperti batu ginjal dan berbagai nyeri.

Kurang lebih Sekitar 80% penderita batu ginjal pada orang dewasa, oksalat jadi penyebab utamanya. Oleh karena itu batas normal adalah minimal 50 miligram oksalat. Akan tetapi, oksalat yang berlebih bisa menghambat penyerapan nutrisi penting seperti kalsium. Padahal kalsium merupakan mineral penting untuk tubuh mulai dari kesehatan tulang dan menyehatkan jantung.
Editor : As ( 00049 KBH )